Mas Naja

www.masnaja.com

NEWS

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, February 25, 2018

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) SMK KEHUTANAN WALISEMBILAN GOMANG TUBAN 2018

Dalam setiap lembaga sekolah pasti mempunyai materi yang diunggulkan, baik itu jenjang SMA maupun SMK.  Dalam jenjang tingkat SMK itu, materi yang diunggulkan adalah teori dan praktek kejuruan. Salah satunya adalah SMK Kehutanan Wali Sembilan Tuban, yang mana SMK ini memaksimalkan dalam kejuruan dibidang kehutanan. Dalam bidang kehutanan banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari. Mulai dari pembuatan bibit, perawatan bibit, media dan lokasi untuk bibit (persemaian), mobilisasi bibit ke lahan penanaman, pembuatan ukuran lubang bibit, pembuatan acir, pemeliharaan tanaman seperti penyiangan, wiwil, pruning dan atau penjarangan, kegiatan dalam patroli, menentukan jumlah pohon dalam satu petak dan masih banyak kegiatan yang lain dalam bidang kehutanan tersebut.

Di Indonesia yang memiliki kejuruan kehutanan sebanyak 25 sekolah, yang masing-masing sekolah tersebut akan diuji oleh asessor-asessor yang telah ditunjuk oleh Pusat Pendidikan Diklat Lingkungan Hidup Kehutanan (Pusdiklat LHK). Para asessor ini akan mendatangi ke sekolah sesuai jadwal yang telah ditentukan. Banyak sedikitnya asessor juga tergantung pada jumlah siswa yang akan diuji, karena asessor telah dijadwalkan dalam satu sekolah itu diberi waktu seminggu atau 7 hari. Dan kali ini, SMK Kehutanan Wali Sembilan mempunyai siswa yang akan diuji berjumlah 64, maka mengundang tiga asessor. Uji kompetensi keahlian ini dilaksanakan oleh peserta UKK SMK Kehutanan Wali Sembilan Tuban angkatan ke-10 pada tanggal 19 sampai dengan 25 Pebruari 2018.

Pada hari pertama sebelum uji kompetensi keahlian dilaksanakan, pihak sekolah termasuk kepala sekolah, para guru, panitia UKK beserta peserta UKK dan juga para asessor memulai kegiatan dengan acara pembukaan, yang mana dalam acara pembukaan tersebut menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan uji kompetensi keahlian yang akan dilaksanakan dan juga sedikit perkenalan kepada para asessor. Setelah acara pembukaan selesai dan pada hari tersebut para asessor mengecek kelengkapan pada uji kompetensi keahlian. Mulai dari berkas-berkas, alat keselamatan kerja, lokasi UKK, kelengkapan alat-alat UKK dan juga bahan yang akan diujikan, seperti benih berkwalitas, pestisida dan bibit siap tanam.

Acara pembukaan

Pada hari kedua sampai dengan hari kelima adalah ujian praktek yang laksanakan oleh peserta. Setiap satu peserta diuji oleh satu asessor, yang mana nantinya asessor akan menilai praktek peserta dengan sangat akurat. Sebelum peserta melakukan praktek, peserta harus mengenakan perlengkapan keselamatan kerja. Kegiatan-kegiatan praktek peserta UKK yang pertama yaitu menyiapkan benih berkwalitas untuk di semaikan termasuk menakar/menimbang benih sesuai kebutuhan, meremdam benih dengan air mendidih dalam waktu yang telah ditentukan, menabur benih dalam media (bak) tabur serta menyiramnya. Yang kedua menakar dan atau menimbang fungisida untuk disiramkan ke benih yang telah ditabur dalam medianya. Yang ketiga mengolah media tanam untuk diisi dalam polybag seperti top soil, kompos dan pasir dengan perbandingan 3:1:1 dan diletakkan pada media bedeng. Yang keempat overspin, yaitu memindah bibit semai dari media (bak) tabur tersebut ke dalam polybag dan tidak lupa untuk disiram sebelum dan sesudah melakukan overspin. Kelima adalah kegiatan pemeliharaan pada bibit dalam bedeng seperti pengendalian gulma dan pengendalian penyakit termasuk memberikan pestisida pada bibit. Keenam adalah penanaman. Sebelum kegiatan penanaman dilakukan, peserta harus melilih bibit dengan kriteria kelayakan bibit siap tanam, seperti bibit tidak bengkok, tidak terkena penyakit, ketinggian bibit minimal, jumlah daun minimal, media polybag tanaman yang masih bagus, menghitung jumlah bibit yang akan ditanam dan packing standar.

Penaburan benih
overspin

Untuk hari keenam adalah proses pengumpulan penilaian pada peserta UKK. Dari setiap praktek yang dilakukan peserta UKK mempunyai penilaian tersendiri. Dalam proses penilaian ini membutuhkan waktu satu hari karena jumlah peserta yang cukup banyak. Dan setelah penilaian selesai maka akan diumumkan kepada peserta yang telah melakukan ujian prektek tersebut. Dan hari terakhir yaitu hari ketujuh dengan diisi acara penutupan.

Demikianlah kegiatan uji kompetensi keahlian pada SMK Kehutanan Walisembilan Gomang Tuban tahun 2018. Terimakasih telah mengunjungi website kami.

Baca juga👇



Jangan lupa berbagi, karena berbagi itu indah dan berpahala.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Saran, kritikan dan masukan, kami siap menunggu.
Terimakasih.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Privacy