Mas Naja

www.masnaja.com

NEWS

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, April 3, 2018

HADITS SYARIFAH - 100 Hadits yang sering kita temui di kehidupan sehari-hari

Kitab hadits syrifah ini merupakan hadits yang bisa memberikan banyak kemanfaatan bagi semua umat di dunia. Isi dalam hadits ini adalah mempelajari/menjelaskan tentang kehidupan sehari-hari yang sering kita temui. Jika kita tahu kebaikan dan keburukan dalam setiap langkah maka apapun yang kita lakukan tidak akan sia-sia, (ganjaran/pahala hilang karena melakukan hal sepele atau melakukan kebaikan yang mestinya dapat pahala ternyata tidak dapat). Seratus hadits ini merupakan cuplika-cuplikan dari sekian banyaknya hadits yang diambil dari beberapa kitab dan di bukukan menjadi 1 jilid. Hadits syarifah ini hanya berjumlah 18 halaman. Tetapi jangan salah menilai, karena manfaatnya sangat besar dan banyak sekali. Maka dari itu, dalam hadits ini menjelaskan tentang bagaimana kita melakukan suatu hal dengan baik dan benar.


Download hadits Syarifah.


مائة حديث شريفة
100 HADITS SYARIFAH


  1. ادبوا اولادكم على ثلاث خصال حب نبيكم وحب اهل بيته وقرأة القرأن (Ajarkanlah kepada anak-anak kalian pada 3 (tiga) hal yaitu cinta kepada nabi kalian yaitu Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wasallam, cinta kepada keluarganya dan suka membaca al qur'an).
  2. تعلم من العلم ما شئتم (Belajarlah dengan ilmu yang kalian kehendaki (inginkan)).
  3. لكل شئ مفتاح ومفتاح الجنة العلم (Segala sesuatu itu ada kuncinya, dan kuncinya surga itu dengan ilmu).
  4. لكل شئ مفتاج ومفتاح الجنة حب المساكن والفقراء (Segala sesuatu itu ada kuncinya, dan kuncinya surga itu dengan suka (dan cinta) kepada orang-orang miskin dan orang-orang fakir).
  5. العلم خزائن ومفتاحها السؤال (Ilmu itu adalah sebuah gedung dan kuncinya adalah sebuah pertanyaan).
  6. خير الدنيا والاخرة مع العلم (Sebaik-baik dunia dan akhirat itu besertaan dengan ilmu).
  7. هلاك أمتى فى شيئين ترك العلم وجمع المال (Rusaknya umatku (Nabi Muhammad) diakibatkan dua perkara yaitu: meninggalkan ilmu dan mengumpulkan harta benda).
  8. كاتم العلم يلعنه كل شئ (Orang yang menyembunyikan ilmu itu dilaknat apapun yang ada di bumi dan langit).
  9. علموا اولادكم الصباحة والرماية (Ajarilah anak-anakmu ilmu berenang dan ilmu memanah).
  10. العلم حياة الاسلام وعماد الايمان (Agama islam akan hidup (berkembang) karna adanya ilmu dan iman akan menjadi tegak juga dikarenakan Iilmu).
  11. والجماعة رحمة والفرقة عذاب (Perkumpulan (musyawarah, silaturrahim, pengajian, jamaah sholat, sekolah, dll) itu menjadikan rahmat dan perpisahan itu menjadikan siksa (dosa)).
  12. وخالق الناس بخلق حسن (Berbuat baiklah kepada manusia dengan akhlakul karimah/sopan santun yang baik).
  13. احب للنس ما تحب لنفسك (Sayangi sesama sebagaimana engkau menyayangi dirimu sendiri).
  14. اذا اراد ان تذكر عيوب غيرك فاذكر عيوب نفسك (Ketika kalian hendak membuka/membicarakan/menyebarkan aib orang lain maka ingatlah aib dirimu sendiri).
  15. الحياء خير كله (Malu itu membuat semuanya menjadi baik).
  16. خير الناس احسنهم خلقا (Sebaik-baik manusia adalah orang yang baik akhlaknya).
  17. سوء الخلق يفسد العمل كما يفسد الصبر العسل (Akhlak/budi pekerti yang buruk/jelek itu bisa merusak 'amal (pahalanya), seperti cuka merusak pada madu).
  18. الغضب يفسد الايمان كما يفسد الصبر العسل (Marah/Nafsu (keinginan) itu bisa merusak pada iman seseorang seperti cuka merusak pada madu).
  19. الغضب مفتاح كل شر (Marah/nafsu (keinginan) adalah menjadi kunci dari semua kejelekkan/keburukan).
  20. الحسد يأكل الحسنات كما تأكل النار الخطب (Dengki/benci itu bisa memakan kebaikan (merusak pahala) seperti api memakan pada kayu).
  21. ألا أنبئكم بأكبر الكبائر ألاشراك بالله (Dosa yang paling besar adalah menyekutukan Allah (menyembah selain Allah).
  22. ان الجنة لا يحل الا لمؤمن (Sesungguhnya surga itu tidak halal atau (tidak boleh) kecuali bagi orang-orang mukmin).
  23. من بدل دينه فاقتله (Barang siapa yang mengganti agamanya makabunhlah).
  24. لا تغضب ولك الجنة (Jangan marah, maka kamu mendapat surga).
  25. من كان يؤمن بالله واليوم الأخر فاليحسن الى جاره (barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka berbuat baiklah kepada tetangga).
  26. لا يحل لمسلم ان يهجر أخاه فوق ثلاثة أيام (Tidak halal bagi orang islam yang mendiami saudaranya lebih dari 3 hari).
  27. من كان له وجهان فى الدنيا كان له يوم القيامة لسانان من نار (Barang siapa yang mempunyai 2 wajah di dunia maka orang tersebut di hari kiamat akan mempunyai 2 lidah dari api (neraka)).
  28. لا ايمان لمن لا امانة له (Tidak diakui iman bagi orang yang tidak bisa dipercaya).
  29. من بر والديه طوبى له زاد الله فى عمره (Barang siapa yang berbuat baik kepada orang tuanya maka Allah akan menambahi umur pada orang tersebut).
  30. عليك بتقوى الله فانها جماع كل خير (Berpegang teguhlah untuk selalu taqwa/takut kepada Allah, sesungguhnya taqwa kepada Allah itu menjadikan semua kebaikan).
  31. عليكم بالصدق فانه باب من أبواب الجنة (Berpegang teguhlah kalian pada keyakinan (iman), sesungguhnya iman itu adalah pintu dari beberapa pintu surga).
  32. عليكم بالصدق فان الصدق يهدى الى البر (Berpegang teguhlah kalian pada keyakinan (iman), sesungguhnya keyakinan itu menunjukkan kepada surga).
  33. لكل شيء زكاة وزكاة الدار بيت الضيافة (Segala sesuatu itu ada zakatnya. Dan zakatnya rumah itu melayani tamu).
  34. كل معروف صدقة (Segala kebaikan itu menjadi shodaqoh).
  35. كل مسكر خمر وكل مسكر حرام (Segala sesuatu yang memabukkan itu khamr (arak atau sejenisnya) dan segala yang memabukkan itu juga haram).
  36. من دل على خير فله مثل أجر فاعله (Barang siapa yang menunjukkan pada kebaikkan, maka bagi orang tersebut sama pahalanya bagi orang yang melakukannya).
  37. من قاد اعمى أربعين خطوة وجبت له الجنة (Barang siapa menuntun orang yang buta (minimal) sejauh 40 langkah, maka wajib bagi orang tersebut masuk surga).
  38. من أطعم مسلما جائعا أطعمه الله من ثمار الجنة (Barang siapa yang memberikan makan kepada orang islam yang lapar maka Allah akan memberi makan kepada orang tersebut dengan buah-buahan surga).
  39. ليس المؤمن بالذى يشبع وجاره جائع الى جنبه (Tidak diakui sebagai orang mukmin apabila dia kenyang dan tetangga-tetangganya lapar).
  40. الخبر كثير وقليل فاعله (Kebaikan (atau perbuatan baik) itu banyak tetapi sedikit yang melakukannya).
  41. خير بيت فى المسلمين بيت فيه يتيم يحسن اليه (Rumah orang muslim yang baik yaitu rumah yang di dalamnya ada anak yatim yang dikasihani/diperlakukan dengan baik).
  42. الزنا يورث الفقر (Zina itu mewariskan pada kefaqiran/melarat).
  43. ذوالوجهين فى الدنيا يأتى يوم القيامة وله وجهان من نار (Barang siapa yang mempunyai 2 wajah di dunia maka di hari kiamat orang tersebut mempunyai 2 wajah dari neraka).
  44. طوبى لمن عمل بعلمه وانفق الفضل من ماله وامسك الفضل من قوله Beruntung sekali orang yang melakukan sesuatu dengan ilmunya, membelanjakan kelebihan dari hartanya dan menjaga lisannya.
  45. هلكت الرجال حين اطاعة النساء(Seorang laki-laki menjadi rusak karena taat kepada seorang perempuan).
  46. اذا وعد احدكم فلا يخلف (Ketika kalian berjanji maka jangan mengingkarinya).
  47. اصلحوا دنياكم واعملوا لاخرتكم كأنكم تموتون غدا (Bekerjalah untuk duniamu dan beribadahlah untuk akhiratmu, seakan-akan kamu akan mati besok).
  48. أفضل الاعمال بعد الايمان بالله التودد الى الناس (Perbuatan paling utama setelah iman kepada Allah yaitu menyayangi sesama/(rukun)).
  49. خصلتان لايجتمعان فى مؤمن البخل وسوء الخلق (Dua perkara yang tidak bisa kumpul/menyatu pada orang mukmin yaitu bakhil/medit dan akhlak/budi pekerti yang buruk).
  50. أية المنافق ثلاثة اذا حدث كذب واذا وعد اخلف واذا اؤتمن خان (Tanda-tanda orang munafik itu ada 3: ketika memberi kabar dia berbohong, ketika berjanji dia mengingkari dan ketika dipercaya dia berkhianat).
  51. ابغض الحلال الى الله الطلاق (Suatu perkara halal/(boleh) yang dibenci oleh Allah yaitu thollaq (cerai)).
  52. ابغض العباد الى الله من كان ثوبه خيرا من عمله (Seseorang yang sangat dibenci oleh Allah yaitu orang yang pakaiannya lebih bagus dibanding akhlaknya (kelakuan buruk)).
  53. اذا عرف الغلام يمينه من شماله فمروه بالصلاة (Apabila seorang anak sudah mengetahui mana yang kanan dan mana yang kiri maka perintahlah untuk sholat).
  54. اذا اذن المؤذن يوم الجمعة حرم العمل (Ketika muadzin atau (orang yang adzan) sudah mengumandangkan adzan pada hari jum'at maka haram melakukan pekerjaan (urusan dunia)).
  55. الصلاة عماد الدين ومفتاح كل خير (Sholat itu menjadi tiang agama dan menjadi kunci semua kebaikan).
  56. الدعاء لا يرد بين الاذان والاقامة (Sebuah do'a tidak akan ditolak pada waktu antara setelah adzan dan sebelum iqomat).
  57. لا يدخل الجنة نمام (Tidak akan masuk surga bagi orang yang mengadu domba).
  58. لا يدخل الجنة من كان فى قلبه مثقال ذرة من كبر (Tidak akan masuk surga bagi orang yang dalam hatinya mempunyai rasa sombong walaupun sekecil biji sawi).
  59. من أحدث فى أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد (Barang siapa yang memasukkan sesuatu ke dalam perkara agama yang perkara tersebut bukan dari perkara agama maka akan ditolak).
  60. أكمل المؤمنين أيمانا أحسنهم خلقا (Seorang mu'min yang sempurna imannya yaitu orang mu'min yang yang baik sopan santunnya (akhlaknya)).
  61. الكلمة الطيبة صدقة (Perkataan yang baik itu menjadi shodaqoh).
  62. ليس الشديد بالصرعة انما الشديد الذي يملك نفسه عند الغضب (Tidak dianggap kuat sebab bisa membanting, sesungguhnya orang yang dianggap kuat adalah orang yang bisa menahan hawa nafsunya ketika marah).
  63. الرياء الشرك الاصغر (Riya itu termasuk syirik kecil).
  64. الكذب مجانب الايمان (Berbohong itu menjadikan jauh dari iman).
  65. من لم يشكر الناس لم يشكر الله (Barang siapa yang tidak berterimakasih kepada manusia maka dia (sama saja) tidak berterimakasih kepada Allah).
  66. ما نحل والد ولدا أفضل من ادب حسن (Tidak ada pemberian orang tua yang lebih utama dibandingkan dengan pemberian akhlak yang baik (sopan santun)).
  67. نعم لهو المرأة مغزلها (Sebaik-baik pekerjaan wanita adalah menenun atau menjahit).
  68. الخديعة فى النار (Menipu itu masuk neraka).
  69. كادا الفقر أن يكون كفرا (Hampir saja orang faqir itu menjadi kafir).
  70. خير الناس أنفعهم للناس (Sebaik-baik manusia itu bermanfaat bagi sesamanya).
  71. التاجر الصدوق الأمين مع النبيين والصديقين والشهداء (Juragan yang benar (jujur) dan terpercaya itu akan dikumpulkan dengan para nabi, Shiddiqin dan syuhada' (orang yang mati syahid)).
  72. لا يدخل الجنة جسد غذى بحرام (Tidak akan masuk surga bagi orang yang badannya kemasukkan barang harang/(makan sesuatu yang haram)).
  73. أبلغوا حاجة من لا يستطيع ابلاغ حاجته (Bantulah orang yang tidak bisa melakukan keinginannya (seperti pekerjaan yang tidak bisa ia lakukan)).
  74. من لايرحم لا يرحم (Barang siapa yang tidak mengasihani maka tidak akan dikasihani).
  75. المسلم مرأة المسلم (Orang islam itu menjadi cermin bagi sesamanya).
  76. لن يشبع مؤمن من خير حتى يكون منتهاه الجنة (Orang mu'min tidak kenyang/(bosan) melakukan suatu kebaikan maka surga adalah tempatnya).
  77. الشؤم سوء الخلق (Mencela itu adalah orang yang jelek akhlaknya).
  78. لا ايمان لمن لا حياء له (Tidak dinamakan iman bagi orang yang tidak mempunyai malu.
  79. من غشنا فليس منا (Barang siapa yang menipu maka tidak tergolong umatku (Nabi Muhammad)).
  80. طوبى لمن طال عمره وحسن عمله (Beruntung sekali orang panjang umurnya dan baik perbuatannya).
  81. خير الناس من طال عمره وحسن عمله (Sebaik-baik manusia yaitu orang yang panjang umurnya dan baik perbuatannya).
  82. معترك المنايا ما بين الستين الى السبعين (Tempat (peperangan) kematian yaitu antara umur 60 sampai 70 tahun).
  83. الاعمال بالخواتم (Perbuatan/pekerjaan itu dikira-kirakan atau dinilai pada akhir (penyelesaiannya)).
  84. من حسن اسلام المرء تركه ما لايعنيه (Dari kebaikan islamnya seseorang  itu meninggalkan suatu perkara yang tidak berguna atau tidak manfaat).
  85. من تواضع لغنى لأجل غناه ذهب ثلثا دينه (Barang siapa yang menghormati atau (tunduk) kepada orang kaya karena kekayaannya maka hilang sepertiga agamanya).
  86. لا يدخل الجنة خب ولا بخيل ولا منان (Tidak akan masuk surga bagi orang yang menipu, bakhil/pelit dan mengundat-ngundat).
  87. لعن الله من أضل أعمى عن الطريق Allah melaknat bagi orang yang menyasarkan orang buta dari jalannya).
  88. قل الحق ولو كان مرا (Ucapkanlah kebenaran meskipun itu pahit).
  89. الدين النصيحة (Agama itu menjadi nasehat).
  90. أفضل الجهاد كلمة عدل عند سلطان جائر (Utama-utamanya perang yaitu berbicara adil/kebenaran kepada raja yang lacur (buruk lakunya/perbuatannya).
  91. حفة الجنة بالمكاره وحفة النار بالشهوات (Surga itu dikepung dengan sesuatu yang dibenci dan neraka itu dikepung dengan sesuatu yang disenangi).
  92. افضل الصدقة ان تشبع كبدا جائعا (Utama-utama shodaqoh yaitu memberikan kenyang kepada hati yang lapar/siraman rohani/nasehat).
  93. إبتغوا الرفعة عند الله (Carilah derajad karena Allah).
  94. إحترسوا من الناس بسوء الظن (Jagalah diri kalian agar tidak berburuk sangka kepada orang lain).
  95. الاقتصاد بالنفقة نصف المعيشة (Gemi/primpen (teliti) dalam mengatur belanja itu sebagian dari kehidupan).
  96. جبلت القلوب على حب من  احسن اليها وبغض من اساء اليها (Biasakanlah hati kalian untuk suka kepada orang yang berbuat baik dan benci kepada orang yang berbuat kejelekan).
  97. جاء الحق وزهق الباطل جاء الحق وما يبدئ الباطل وما يعيد (Datang perkara haq (benar) dan sirna perkara bathil (salah), datang perkara haq dan tidak muncul perkara bathil serta tidak akan kembali lagi (perkara bathil)).
  98. لا طاعة لمخلوق لمعصية الخالق (Tidak boleh tunduk atau bekerja sama kepada sesama makhluk untuk berbuat maksiat kepada Allah).
  99. أفضل الدعاء ان تسأل ربك العفو والعافية فى الدنيا والأخرة (Utama-utama do"a yaitu meminta kepada Allah agar diberi pengampunan dan meminta selamat dunia dan akhirat).
  100. اللهم انى أعوذبك من قلب لا يخشع ومن دعاء لا يسمع ومن نفس لا تشبع ومن علم لا ينفع (Ya Allah, semoga Engkau menjagaku dari hati yang tidak khusu', dan dari do'a yang tidak di dengar dan dari badan yang tidak kenyang dan dari ilmu yang tidak manfaat).


Alhamdulillah puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT. yang telah memberikan kami kemudahan mengetik kitab ini dalam makna/arti indonesia dengan sebaik-baiknya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amin...

Baca juga👇



Terimakasih telah mengunjungi website kami.
Jika ada kesalahan atau kurang pas dalam penulisan kitab hadits syarifah ini, tolong sampaikan kepada kami agar bisa diperbaiki.
Terimakasih.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Privacy