Mas Naja

www.masnaja.com

NEWS

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday, March 29, 2018

CARA MEMBUAT NAMA OTOMATIS DI SURAT UNDANGAN (MAILING-LETTER)

Assalamualaikum sobat, berjumpa kembali dengan rendy_back. Kali ini kita akan memberikan cara mudah untuk membuat surat otomatis pada nama penerima undangan. Kalau dalam pengetikan pemberian nama penerima surat secara manual pasti akan sangat sulit, cape' dan kelamaan. Jika penerima surat cuma 10 atau 15 orang, itu masih bisa secara manual, coba kalau penerima surat jumlahnya ratusan, pasti cape' dan kelamaan kan? Makanya disini, kita akan memberikan cara membuat nama penerima surat secara otomatis.

Kita tidak usah lama-lama ngobrolnya, yang penting kita bisa membuatnya secara mudah dan cepat. Mari kita simak langkah-langkah untuk membuat nama penerima surat otomatis. 

  • Kita siapkan dulu surat yang akan dibagikan (dalam bentuk Ms. Word)  dan nama penerima surat (dalam bentuk Ms. Excel).
  • Taruh cursor di belakang/setelah "Yth. (tempat cursor)", klik menu mailing lalu klik Start Mail Merge dan klik step by step mail merge wizard. (Dalam pembuatannya ada 6 step).
  • Step pertama, pilih "letter" lalu klik "next: starting document".
  • Step yang kedua, pilih "use the current document" lalu klik "next: select recipient".
  • Step yang ketiga, pilih "use an existing list" lalu klik "browse" lalu pilih "file excel" yang sudah kita buat (nama penerima surat) dan klik "open" dan muncul seperti pada gambar. Dalam Ms. excel kan ada yang namanya sheet1, sheet2, sheet3 dan seterusnya. Untuk nama penerima, kita taruh di sheet1 dan kita beri nama "nama" lalu kita klik Ok. Lalu klik lagi seperti pada gambar dan klik "next: write your letter".
  • Step yang keempat kita pilih "browse" dulu, lalu pilih "nama" lalu klik "insert", kalau sudah klik "close" dan klik "next: preview your letter".
  • Step kelima, silakan cek dulu nama penerima dan klik "next: complete the merge".
  • Step keenam/terakhir, klik print. Disitu ada 3 pilihan; (a) "All" menunjukkan untuk mengeprint semua surat per-nama penerima sesuai yang kita buat dari nomor 1 - 26, (b) "current record" menunjukkan untuk mengeprint satu surat sesuai yang terlihat (nomor yang dipilih) dan (c) "from: ... to: ..." menunjukkan untuk melilih penerima surat sesuai keinginan, seperti misal nomor 1 - 7 maka nanti surat yang di print akan keluar nama penerima sesuai nomor tersebut.


Demikianlah cara membuat surat dengan nama penerima surat secara otomatis. Jika menginginkan dalam nama penerima surat tersebut tidak dicantumkan, maka kita tinggal memilihnya dengan tidak mencentangnya. Tempatnya pada menu mailing di "edit recipient". Kalau ada cara yang lebih mudah, praktis dan cepat, ngapain kita milih yang manual? Kalau memang belum bisa kan kita bisa belajar. Karena belajar itu indah, nikmat, berpahala dan lebih-lebih untuk kebaikan dan kemudahan diri sendiri.


Terimakasih telah mengunjungi website kami.
Jangan lupa berbagi, karena berbagi itu indah dan berpahala.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Saran, kritikan dan masukan, kami siap menunggu.
Terimakasih.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Privacy