Mas Naja

www.masnaja.com

NEWS

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday, March 13, 2018

KEMLAGI MOJOKERTO, KUNJUNGAN INDUSTRI SMK KEHUTANAN 2018

KUNJUNGAN INDUSTRI DI PERSEMAIAN PERMANEN
BALAI PENGELOLAAN DAS
DAN HUTAN LINDUNG
BRANTAS SAMPEAN KEMLAGI MOJOKERTO


Kali ini peserta/siswa dari SMK Kehutanan Walisembilan Gomang Tuban melaksanakan Kunjungan Industri (KI) yang kali kedua di persemaian permanen Kemlagi, Mojokerto, Jawa Timur setelah kunjungan industri yang pertama pada tahun 2017 kemaren. Tujuan kegiatan juga sama dengan kunjungan industri yang pertama, yaitu agar para peserta tahu kondisi nyata dalam praktek di lapangan. Dalam kegiatan tersebut nantinya para peserta akan dibimbing langsung oleh petugas persemaian. Mereka akan diberi teori sekaligus prakteknya. Kunjungan Industri yang kedua ini dilaksanakan pada hari selasa pada tanggal 13 Maret 2018 oleh peserta angkatan ke duabelas.

Dalam kegiatan kunjungan industri ini para peserta didampingi oleh pihak sekolah, mulai dari kepala sekolah, komite sekolah dan para dewan guru yang lain. Tidak ketinggalan pula dari pihak perhutani yaitu bapak Noko dan bapak Adji sebagai mandor persemaian di BKPH Mulyoagung Parengan juga ikut mendampingi. Para pembimbing sangat berharap agar peserta lebih memahami dan mantap dalam menguasai materi maupun cara kerjanya yaitu praktek setelah mengikuti kegiatan tersebut.

Para peserta berangkat dari tempat mereka sekolah pada pagi hari, yaitu pada jam 05:00 WIB karena jarak tempuh dari sekolah ke tempat industri Mojokerto lumayan jauh, 120 km dengan waktu sekitar 3 jam lebih, apalagi ketika terjadi lalu lintas yang ramai. Sampai di tempat lokasi sekitar jam 08:00 para peserta istirahat sejenak. Setelah itu para peserta disilakan masuk  di aula oleh petugas persemaian permanen Mojokerto untuk acara pembukaan kegiatan. 

Dalam acara pembukaan para peserta diberi sedikit info tentang latar belakang pada persemaian permanen mojokerto dan juga materi tentang bagaimana cara mengelola persemaian dengan baik. Mulai dari pemilihan lokasi, penataan tempat bedeng, pembuatan bedeng, pemcampuran bahan dalam polybag seperti top soil, kompos dan pasir, pembuatan semai, pembuatan bibit dari stek, cangkok, ovulasi dan lainnya, perlakuan bibit, perawatan bibit seperti penyiraman, penanganan penyakit, penanggulangan gulma dan lain sebagainya.

Setelah para peserta diberi materi tentang kegiatan-kegiatan dalam persemaian lalu mereka diajak langsung ke lokasi persemaian untuk mempraktekkannya. Pertama kali petugas persemaian langsung memberikan praktek cara pengolahan media polybag yang dicampur menjadi sati media. Media polybag tersebut terdiri dari tanah (top soil), pupuk (kompos/sekam) dan pasir dengan perbandingan 3:1:1 dan lalu media tersebut dimasukkan ke dalam polybag dengan ukuran penuh, tidak terlalu renggang dan tidak terlalu padat agar nanti setelah disiran air bisa memadat sendiri. Setelah itu petugas melilih beberapa peserta untuk mempraktekkannya.

Selanjutnya petugas memberikan praktek cara untuk memindah bibit semai ke dalam polybag. Sebelum memindah bibit semai, petugas menyiram bibit tersebut agar tidak dehidrasi atau layu ketika setelah dipindah. Dalam pemindahan, polybag sudah harus siap untuk ditempati dan tidak lupa harus disiram juga agar tidak terlalu padat dan panas. Media dalam polybag dilubangi dengan alat berupa kayu atau jenis lainnya dengan kedalaman sampai bawah polybag dengan jarak 1-2 cm. Dalam pengambilan semai yang akan dipindah dalam polybag harus menggunakan cara-cara agar semai tersebut tidak mudah layu atau mati. Jika daun semai terlalu banyak maka harus dipotong dengan perkiraan seperenam daunnya. Setelah itu semai dimasukkan ke dalam polybag dan ditutup akarnya dengan menekan media polybag. dan dal terakhir dalam pemindahan semai yaitu penyiraman. Dalam penyiraman bibit dilakukan pagi hari sebelum jam 09:00 atau sore hari setelah jam 15:00.

Setelah kegiatan praktek selesai, para peserta diberi istirahat sejenak. Setelah itu masuk lagi ke dalam aula untuk acara penutupan. Ketika acara penutupan selesai mereka langsung pengambilan foto bersama untuk pengabadian atau kenang-kenangan. Dan sekalian berpamitan kepada para petugas persemaian untuk pulang. Terimakasih kami sampaikan kepada para petugas persemaian permanen Kemlagi Mojokerto Jawa Timur yang telah memberikan banyak wawasan kepada para peserta sekaligus kepada para pembimbing. Jasa bapak/ibu akan selalu dikenang dan menjadi amal ibadah untuk kita semua.


Baca juga👇
Kunjungan Industri 2017
Profil smk kehutanan walisembilan gomang tuban


Terimakasih telah mengunjungi website kami.
Jangan lupa berbagi, karena berbagi itu indah dan berpahala.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Saran, kritikan dan masukan, kami siap menunggu.
Terimakasih.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Privacy