Mas Naja

www.masnaja.com

NEWS

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday, April 7, 2018

UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) SMK KEHUTANAN WALISEMBILAN GOMANG TUBAN

Sekolah merupakan sarana untuk belajar / menimba ilmu yang dihandle oleh seorang guru. Tanpa seorang guru anak didik tidak akan bisa pintar atau cerdas dalam menguasai sebuah materi pelajaran dan juga prakteknya. Pemerintah Indonesia mengharuskan kepada bangsanya untuk wajib belajar 12 tahun yang terdiri dari pendidikan dasar (6 tahun), pendidikan menengah (3 tahun) dan pendidikan menengah atas (3 tahun). Disini kita akan memberikan sedikit info tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer pada pendidikan tingkat menengah atas, yaitu SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Sebelum kita masuk pada infonya, kita bahas sedikit tentang apa itu UNBK. Ujian Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini (2018) menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), dan ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Kemudian hasil ujian tersebut dikirim kembali ke server pusat secara online, yaitu dengan mengupload/mengunggah.

Seluruh Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia tahun pelajaran 2017/2018 melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tanggal 2 - 5 April 2018. Tetapi tidak semua sekolah mempunyai komputer untuk melaksanakan ujian nasional dengan mandiri. Jadinya mereka akan ikut/gabung dengan sekolah lain yang mempunyai komputer untuk melaksanakan ujiannya. Seperti tahun sebelumnya, SMK Kehutanan Wali Sembilan Gomang untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer bergabung dengan sekolah lain yaitu SMK N 1 Tuban. Jadi ribet sekali untuk ujiannya, apalagi jarak tempuh dari SMK Kehutanan Gomang ke SMKN 1 Tuban jauh sekali, yaitu 41 km. Alhamdulillah untuk tahun ini SMK Kehutanan Gomang sudah bisa UNBK mandiri yang dilaksanakan di sekolah sendiri.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Kehutanan Walisembilan Gomang dilaksanakan dengan 3 sesi perhari/perpelajaran, yaitu Bahasa Indonesia pada hari senin, Matematika pada hari selasa, Bahasa Inggris pada hari rabu dan Kejuruan pada hari kamis. Untuk jadwal sesi pertama yaitu jam 07:30 - 09:30, sesi kedua pada jam 10:30 - 12:30 dan sesi ketiga pada jam 14:00 - 16:00. Dan untuk pengawas ujiannya disilang/diacak dengan sekolah lain pada kabupaten tersebut. Di SMK Kehutanan Walisembilan Gomang pengawasnya berasal dari SMK N Jatirogo dan pengawas di SMK N Jatirogo berasal dari SMK Kehutanan Walisembilan Gomang. Itupun tidak semua disilang seperti itu. Ada juga pengawas di SMK N 1 Tuban yang dari SMK N Jatirogo.

Di SMK Kehutanan Walisembilan Gomang menjadi tiga sesi karena keterbatasan komputer yang hanya mempunyai 24 komputer, apalagi yang 2 komputer dipakai untuk keperluan kantor. Jumlah siswa yang mengikuti UNBK berjumlah 64 yang memang terpaksa dibagi menjadi 3 sesi, yaitu 21 untuk sesi pertama, 21 untuk sesi kedua dan 22 untuk sesi ketiga. Dan alhamdulillah seluruh SMK di Indonesia melaksanakan ujiannya dengan lancar dan aman, termasuk sekolah kita, SMK Kehutanan Walisembilan Gomang, Lajo Lor, Singgahan, Tuban, Jawa Timur.


Baca juga👇


Terimaksih telah mengunjungi website kami.
Jangan lupa berbagi, karena berbagi itu indah dan berpahala.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Saran, kritikan dan masukan, kami siap menunggu.
Terimakasih.

Post Top Ad

Your Ad Spot

Privacy